π Pendahuluan
Banyak dari kita bekerja sebagai developer modern, tetapi sering lupa bahwa dunia software engineering yang kita kenal sekarang adalah hasil evolusi panjang. Dari pemrograman mesin hingga arsitektur microservices dan AI β semuanya berkembang karena kebutuhan akan scalability, performance, dan reliability.
Berikut ini adalah rangkuman sejarah penting dunia software engineering yang bisa memperluas perspektif kita.
ποΈ 1950β1960: Era Awal β Machine Code & Assembly
-
Programmer menulis langsung dalam kode mesin
-
Tidak ada profesi "software engineer", hanya ilmuwan komputer
-
Setiap program dibuat spesifik untuk satu perangkat keras
π§ Tokoh penting: Alan Turing, John von Neumann
β οΈ 1968: Lahirnya Istilah βSoftware Engineeringβ
-
Diangkat dalam Konferensi NATO karena banyaknya proyek software yang gagal (cost overrun, unmaintainable)
-
"Software Engineering" lahir sebagai respon terhadap krisis pengembangan perangkat lunak
π§± 1970β1980: Structured Programming & Waterfall
-
Bahasa seperti C mulai populer
-
Diperkenalkan metode Waterfall (sekuensial: requirements -> design -> implementation -> testing -> maintentance)
-
Fokus pada struktur, modularisasi, dan efisiensi algoritma
Tokoh: Dennis Ritchie (C), Edsger Dijkstra (structured programming)
π‘ 1980β1990: Object-Oriented & Design Thinking
-
Muncul bahasa OOP seperti C++, Smalltalk
-
Konsep encapsulation, inheritance, dan polymorphism diperkenalkan
-
Lahir diagram desain seperti UML untuk visualisasi sistem
Tokoh: Bjarne Stroustrup, Grady Booch, Ivar Jacobson
π 1990β2000: Design Pattern & Web Revolution
-
Buku Design Patterns (GoF) diterbitkan (1994)
-
Lahir Java, JavaScript, HTML
-
Internet mulai mengubah cara distribusi aplikasi
Tokoh: James Gosling (Java), Erich Gamma (GoF Patterns)
π 2001β2010: Agile, TDD, dan Continuous Delivery
-
Manifesto Agile lahir (2001) β fokus ke kolaborasi, iterasi cepat
-
Praktik TDD, CI/CD mulai diterapkan
-
Framework seperti Spring, Rails, dan .NET mendominasi
Tokoh: Kent Beck (TDD), Martin Fowler, Robert C. Martin (Uncle Bob)
βοΈ 2010β2020: Microservices & Cloud-native Architecture
-
Monolith dipecah jadi microservices β RESTful API, service discovery, service mesh
-
Tools DevOps lahir: Docker, Kubernetes, GitOps, Jenkins
-
Cloud computing: AWS, GCP, Azure makin dominan
Tokoh: Kelsey Hightower, Mitchell Hashimoto
π€ 2020βSekarang: AI, Developer Experience, Observability
-
Lahir AI Assistant seperti GitHub Copilot, ChatGPT
-
Fokus ke observability: tracing, metrics, logging
-
Konsep "developer platform", DX, dan productivity tools makin penting
π§© Kesimpulan Evolusi
Era | Fokus | Ciri Khas |
---|---|---|
1950β60 | Machine-Level | Eksperimen, hardware-bound |
1970β80 | Modularisasi | Waterfall, structured |
1990β2000 | Reusability | OOP, design pattern |
2001β2010 | Agile + TDD | Iteratif, cepat, teamwork |
2010β2020 | Microservices & DevOps | Distributed, scalable, CI/CD |
2020βsekarang | AI & DX | Otomatisasi, intelligent system |
π Sumber & Referensi Inspiratif
-
Clean Code β Robert C. Martin
-
Refactoring β Martin Fowler
-
Domain-Driven Design β Eric Evans
-
Design Patterns β Gamma et al.
-
System Design Interview β Alex Xu
Komentar
Posting Komentar